Acura Kembangkan Teknik Las Aluminium ke Baja - informasi
Headlines News :
Home » » Acura Kembangkan Teknik Las Aluminium ke Baja

Acura Kembangkan Teknik Las Aluminium ke Baja

Written By Unknown on Wednesday, March 6, 2013 | 5:25 AM

Ghiboo.com - Bahan aluminium dan baja biasanya sulit untuk disatukan. Namun baru-baru ini para insinyur Acura berhasil mengembangkan teknik las untuk menyatukannya.

Komponen baja digabungkan dengan potongan aluminium ringan dengan proses yang lebih sederhana. Dengan cara yang disebut 3D Lock Seam, dimana baja dan potongan aluminium dilapisi dan dilipat dua kali. Cara ini bisa mencegah kedua bahan terlepas.

Selain itu, teknik pengelasan menggunakan zat perekat khusus untuk memastikan tidak ada rongga di antaranya untuk mencegah korosi.

Acura sendiri sudah menerapkan teknik pengelasan tersebut di mobil saloon RLX terbaru. Panel pintu bagian luarnya menggunakan bahan aluminium yang dilas ke komponen baja di bagian dalam, seperti dilansir Motor Authority, Rabu (19/2).

Cara ini terbukti mampu memangkas 17 persen bobot tiap bagian pintu jika dibandingkan dengan pintu yang seluruhnya dari baja. Pemangkasan bobot di bagian luar bodi juga membuat titik gravitasi terkonsentrasi ke bagian tengah kendaraan. Sehingga stabilitas kendaraan lebih baik.

Keuntungan lain yang didapat dari teknologi baru ini adalah berkurangnya titik pengelasan. Pada pintu baja konvensional dibutuhkan titik pengelasan lebih banyak untuk menggabungkan pintu. Teknologi ini tidak memerlukan proses khusus, sistem produksi yang sudah ada pun bisa menerapkannya.

Kabarnya Acura akan menggunakan teknik ini untuk merakit model lainnya, termasuk pada merk Honda.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. informasi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template